---SCOUT MATSANI JAYA --- SCOUT MATSANI JAYA --- SCOUT MATSANI JAYA --- SCOUT MATSANI JAYA ---

PERAN PEMBINA

PERAN PEMBINA 

Untuk dapat menghasilkan Pramuka Penggalang yang diharapkan sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka, diperlukan Pembina Pramuka Penggalang yang mampu mengimplementasikan teknik kepramukaan yang efektif dan kreatif sehingga pasukan penggalang bergerak dinamis. 
Pembina Pramuka Penggalang yang kita inginkan adalah : 
Orang dewasa pria dan wanita sedikitnya berusia 20 tahun. Menguasai metode kepramukaan dengan baik, menyukai kebebasan berinovasi, mau bekerja untuk masa depan, dapat memotivasi orang lain, bisa membangun komitmen, menyadari tugas dan tanggung jawabnya untuk pendidikan yang bermanfaat bagi kaum muda serta membantu mereka untuk tumbuh dewasa. 
Sistem Among 

Ditinjau dari hubungan pembina dengan peserta didik pendidikan kepramukaan bersendikan sistem among. Sistem among mewajibkan Pembina Pramuka melaksanakan prinsip-prinsip kepemimpinan sebagai berikut: 
Berdasarkan diagram di atas, dalam semua golongan peserta didik, Pembina Pramuka berperan sebagai pemberi teladan dan bersikap bijaksana. Khusus untuk Pramuka Penggalang, Pembina berperan lebih banyak sebagai motivator yang membangun daya kreativitas serta memberi dorongan kearah kemandirian.

Tugas pokok Pembina Penggalang

Tugas utama Pembina Pramuka adalah mendidik para Pramuka Penggalang agar tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka. Pendidikan yang dilaksanakan dalam pasukan dan regu adalah pendidikan interaktif teman sebaya dimana pembina berperan sebagai mitra didik dan pendidik atau disebut juga fasilitator. 
Pada pendidikan interaktif, pendidik atau fasilitator harus mendukung peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses dan arahkan mereka untuk menemukan sendiri makna atau isi dari pendidikan yang diikutinya serta menggunakan/menerapkan dalam hidupnya. 
Pembina Penggalang mempunyai tugas: 
a. membina Pramuka Penggalang dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan dan Sistim Among; 
b. merencanakan kegiatan Pramuka Penggalang dengan memperhatikan tiga pilar kegiatan kepramukaan, yaitu modern (kekinian, baru, tidak ketinggalan jaman), bermanfaat bagi peserta didik dan masyarakat lingkungannya dan taat azas; 
c. memberikan motivasi, stimulasi, bimbingan, bantuan dan menyediakan fasilitas kegiatan; 
d. membangun dan memelihara serta mengembangkan pasukan agar dapat menyelenggarakan program kegiatan sesuai dengan kebutuhan Pengalang; 
e. mendorong agar Dewan Penggalang bekerja secara efektif; 
f. mengkoordinasikan para Pembina/Pembantu Pembina Pasukan sebagai satu tim; 
g. mengadakan kerjasama dengan orangtua atau wali Penggalang dan berupaya melibatkan mereka dalam pelaksanaan kegiatan; 
h. memberikan laporan kepada ketua Gugus Depan tentang perkembangan pasukannya; 
i. berusaha meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas. 

Tanggung jawab Pembina Pramuka Penggalang 

Dalam melaksanakan peran dan tugasnya, Pembina Pramuka Penggalang bertanggungjawab atas : 
a. tetap terjaganya pelaksanaan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta sistim Among pada semua kegiatan pramuka Penggalang; 
b. terselenggaranya kepramukaan yang teratur dan terarah sesuai dengan visi dan misi Gerakan Pramuka; 
c. terwujudnya Pramuka Penggalang yang berkepribadian, berwatak, berbudi pekerti luhur, dan sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, yang setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna; 
d. dalam melaksanakan tugasnya Pembina Pramuka bertanggungjawab kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, Musyawarah Gugus Depan dan diri pribadinya sendiri. 

Peran Pembina Penggalang 

a. Perancang program kegiatan sesuai dengan kebutuhan Pramuka Penggalang. 
b. Bergiat bersama peserta didik, pembimbing, pemberi dukungan dan fasilitas agar para peserta didik dapat bergiat dengan teman-teman dalam satuannya dengan riang gembira, tekun, terjamin keselamatannya, dan menghasilkan kepuasan batin pada semua peserta didik. 
c. Pemberi bimbingan dan bantuan kepada Penggalang dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, dan Sistem Among, sehingga melalui kegiatan yang disajikan, Pembina Pramuka dapat mendidikkan sikap dan perilaku yang dilandasi kematangan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik. 
d. Pelaksana kebijakan Gerakan Pramuka yang terdepan dalam melaksanakan pendidikan bagi Pramuka Penggalang. 
e. Pembina sebagai pengelola satuan, Pembina Pramuka berperan sebagai seorang manajer yang bisa mengelola organisasi gugus depan. Tugas sebagai manajer mulai dari merekrut peserta didik, menyiapkan 
program kegiatan latihan, sarana latihan, mencari dana, mengevaluasi kegiatan latihan, memutakhirkan program latihan. Sebagai manajer program latihan pembina harus bersama- sama dengan peserta didik merancang program latihan. mengendalikan program latihan tetap berada pada jalur pendidikan yang mengarah pada perkembangan kecerdasan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik. 
f. Pembina sebagai pengawal misi Gerakan Pramuka 
mengendalikan program latihan tetap berada pada jalur pendidikan yang mengarah pada perkembangan kecerdasan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik. 
g. Pembina sebagai pengarah tercapainya visi 
Pembina pelaksana kebijakan Gerakan Pramuka yang terdapan dalam melaksanakan pendidikan bagi pramuka Penggalang. 
h. Pembina sebagai motivator 
Pembina memberi motivasi, bimbingan dan dukungan serta fasilitas agar Pramuka Penggalang bergiat di satuannya 
i. Pembina sebagai pembuat komitmen 
Pemberi bimbingan dan bantuan kepada Siaga dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, dan Sistem Among, sehingga melalui kegiatan yang disajikan, Pembina Pramuka dapat mendidikkan sikap dan perilaku yang dilandasi kematangan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik 
j. Pembina sebagai pendidik dan mitra didik 
Pembina memberikan pengatuan dan pengalamannya kepada Pramuka Penggalang dan sebagai mitra didik pembina bersama-sama menyusun dan melaksanakan pragram kegiatan 

Profil Pembina Penggalang 

Sosok pembina pramuka penggalang yang baik dan disukai peserta didiknya antara lain adalah: 
a. Memahami karakter pramuka penggalang 
b. Supel dan luwes 
c. Berjiwa muda 
d. Fasilitator, motivator dan dinamisator yang handal 
e. Cerdas dan berwawasan luas 
f. Pembaca tren yang baik

0 komentar:

Posting Komentar