AREA PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK
Pendidikan kepramukaan mendorong peserta didik untuk mengembangkan segala dimensi kepribadian secara seimbang. Hal tersebut merupakan dorongan dalam mengeksplorasi pertumbuhan dari segala kemungkinan yang bisa diraih untuk menjadi manusia seutuhnya. Guna mencapai tujuan tersebut, kepramukaan mengembangkan area-area perkembangan, mencakup keragaman yang luas dalam demensi kepribadian manusia, serta mengaturnya dalam struktur kepribadian. Area pengembangan kepribadian meliputi, pengembangan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik.
Setiap area pengembangan memiliki kompetensi akhir yang harus dicapai. Kompetensi akhir dijabarkan secara berkesinambungan dan meningkat menjadi kompetensi dasar yang harus dicapai.
Kompetensi akhir peserta didik dalam Gerakan Pramuka adalah Kompetensi Pramuka Pandega, Kompetensi ini dimaksudkan untuk memberikan arah pengembangan pribadi, menetapkan arah potensi yang dapat dicapai oleh setiap tingkatan Pramuka sesuai dengan usia dan sifat pribadi masing-masing serta berfungsi sebagai dasar untuk mengetahui perkembangan pribadi. Kompetensi akhir merupakan sasaran yang diharapkan dapat dicapai setelah secara bertahap dari setiap jenjang peserta didik dalam menempuh syarat kecakapan umum.
1. Area Pengembangan Spiritual
a. Pengertian
pengembangan Spiritual adalah pengembangan yang berkaitan dengan pengetahuan yang mendalam dan memahami kekayaan spiritual (keagamaan dan kepercayaan) yang dimiliki masyarakat. Meyakini bahwa spiritual menjadi pegangan hidup dan merupakan bagian dari kehidupan serta menghargai spiritual pilihan orang lain.
Pengembangan spiritual memberikan motivasi hidup dan penghidupan untuk diamalkan agar menjadi manusia seutuhnya.
Pengembangan spiritual pada Pramuka Pandega merupakan salah satu aplikasi Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.
b. Tujuan
Tujuan pengembangan Spiritual Pramuka Pandega adalah membantu memperdalam dan memperkuat keimanan, ketaqwaan dan mensyukuri kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan segala perintahNya dan menjauhi laranganNya secara bertahap.
c. Sasaran
- Meningkatnya ketaatan beribadah dengan selalu mengamalkan ajaran agama dan kepercayaannya
- Mampu memimpin kegiatan keagaaman
- Mampu menjaga kerukunan hidup antar umat beragama
d. Standar Kompetensi
Kompetensi akhir dari proses pembinaan peserta didik (anggota muda) dalam Gerakan Pramuka adalah golongan Pramuka Pandega.
Kompetensi akhir dalam pengembangan spiritual Pramuka Pendega adalah ketaatan beribadah, mengamalkan ajaran agama dan kepercayaannya, dapat memimpin kegiatan keagamaan, serta mampu membina kerukunan hidup antar umat beragama.
2. Area Pengembangan Emosional
a. Pengertian
Pengembangan emosional adalah pengembangan yang berkaitan dengan perasaan dan keragaman cara mengungkapkan emosi, keseimbangan dan kematangan emosi dalam mencapai dan memelihara kebebasan diri. Emosi dan perasaan merupakan bagian dari kehidupan yang membantu pembentukan pribadi seseorang.
b. Tujuan
Tujuan pengembangan emosional adalah membantu Pramuka Pandega untuk menumbuh kembangkan perasaan dan pengungkapannya secara wajar, menghargai perasaan orang lain serta dapat mengendalikan emosinya dengan seimbang.
c. Sasaran
1) Mampu menentukan pilihan hidupnya serta memahami konsekuensinya
2) Mampu mengelola emosi
3) Mampu mengungkapkan dan menghargai perasaan oranglain
d. Standar Kompetensi
Kompetensi akhir dari proses pembinaan peserta didik (anggota muda) dalam Gerakan Pramuka adalah golongan Pramuka Pandega.
Kompetensi akhir dalam pengembangan emosional Pramuka Pendega adalah mampu menentukan jalan hidup dan membangun masa depannya.
3. Area Pengembangan Sosial
a. Pengertian
Pengembangan Sosial adalah pengembangan pribadi yang berkaitan dengan kepercayaan dan saling ketergantungan terhadap orang lain serta membangun kemampuan untuk bekerjasama dan memimpin.
b. Tujuan
Tujuan pengembangan Sosial adalah membantu Pramuka Pandega dalam mengembangkan hubungan dengan teman, komunikasi, kemandirian, kerjasama, kepemimpinan dan solidaritas.
c. Sasaran
1) Mampu membangun kerjasama dalam sebuah kelompok
2) Mampu membuat perbedaan dengan melakukan perubahan
3) Mampu membangun komunikasi yang baik dengan teman.
4) Mampu mandiri, memimpin dan toleransi dengan orang lain
d. Standar Kompetensi
Kompetensi akhir dari proses pembinaan peserta didik (anggota muda) dalam Gerakan Pramuka adalah golongan Pramuka Pandega.
Kompetensi akhir dalam pengembangan sosial Pramuka Pendega adalah mampu memahami konsep saling ketergantungan dengan orang lain dan membangun kerjasama serta mengadakan perubahan dalam kelompok dan lingkungannya.
4. Area Pengembangan Intelektual
a. Pengertian
Pengembangan Intelektual adalah pengembangan yang berkaitan dengan kemampuan berfikir, berinovasi dan menggunakan informasi dalam situasi yang berbeda.
setiap anak memiliki kemampuan intelektual yang secara sederhana diartikan sebagai kecerdasan. Dengan kecerdasan yang dimilikinya Pramuka Pandega dapat membuat hubungan untuk mengumpulkan informasi, berfikir secara kritis dalam memecahkan masalah secara kreatif.
b. Tujuan
Tujuan Pengembangan Intelektual Pramuka Pandega adalah membantu menumbuhkan keingin- tahuan sesuatu dengan menghimpun informasi, memproses dan memecahkan masalah.
c. Sasaran
1) Mampu berinovasi dan berfikir kreatif
2) Mampu menggunakan informasi dan menyikapi dengan cara yang berbeda
3) Mampu menerapkan teknologi tepat guna
d. Standar Kompetensi
Kompetensi akhir dari proses pembinaan peserta didik (anggota muda) dalam Gerakan Pramuka adalah golongan Pramuka Pandega.
Kompetensi akhir dalam pengembangan sosial Pramuka Pendega adalah mampu mengembangkan daya berpikir kreatif, inovatif dan memanfaatkan informasi untuk digunakan dalam situasi yang berbeda serta mampu menerapkan teknologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
5. Area Pengembangan Fisik
a. Pengertian
Pengembangan Fisik adalah pengembangan yang berkaitan pengembangan tubuh manusia, mengenali kebutuhannya, pemeliharaan agar menjadi sehat dan bugar.
b. Tujuan
Tujuan pengembangan fisik adalah Pramuka Pandega mengenali tubuhnya, bertanggung jawab atas pertumbuhan dan fungsi tubuhnya, serta dapat menjaganya agar sehat, kuat dan bugar.
c. Sasaran
1) Mampu meningkatkan kebugaran tubuhnya dengan berolahraga
2) Mampu bersikap sportif
3) Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungannya
d. Standar Kompetensi
Kompetensi akhir dari proses pembinaan peserta didik (anggota muda) dalam Gerakan Pramuka adalah golongan Pramuka Pandega. Kompetensi akhir pengembangan fisik adalah meningkatkan ketahanan fisik (melakukan olah raga), dan menanamkan sportivitas serta kesadaran hidup bersih dan sehat.
0 komentar:
Posting Komentar